PERBEDAAN SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR LARUTAN BAKING SODA TERHADAP pH SALIVA PADA IBU HAMIL DI DESA MANDIANGIN BARAT KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR

Main Article Content

Ailida Ailida
Siti Salamah
Sri Nuryati

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan secara menyeluruh pada ibu hamil, karenanya  pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang baik dan benar sangat mendukung terwujudnya kesehatan gigi dan mulut termasuk kesehatan ibu hamil pada umumnya. Keadaan  rongga mulut ibu hamil dapat mempengaruhi kondisi bayi yang dikandungnya, baking soda memiliki sifat alkali yang dapat menetralkan pH rongga mulut sehingga dapat  menghambat  proses  metabolisme  bakteri  yang  menghasilkan asam.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah berkumur  larutan baking soda terhadap pH saliva pada ibu hamil di Desa Mandiangin Barat Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik dengan rancangan eksperimen semu one grup pretest-postest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 19 ibu hamil.


Hasil penelitian ini menujukkan bahwa rata-rata pH saliva ibu hamil sebelum berkumur larutan baking soda adalah 5,8, sedangkan rata-rata pH saliva sesudah berkumur adalah 6,8. Bedasarkan hasil analisis statistik dengan uji paired t-test menghasilkan p = 0,000 lebih kecil dari α = 0,005 atau (p = 0,000 < α = 0,005), dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima.


Kesimpulannya ada perbedaan sebelum dan sesudah berkumur larutan baking soda terhadap pH saliva pada ibu hamil di Desa Mandiangin Barat Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, dan disarankan untuk ibu hamil agar memanfaatkan larutan baking soda sebagai salah satu alternatif untuk menjaga keseimbangan pH saliva.

Article Details

Section
Articles