PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DENGAN MEDIA VIDEO MOTION GRAPHIC TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA MURID KELAS IV A DAN IV B DI SDN INDRASARI 1 MARTAPURA

Main Article Content

mdicky Setiawan
ida rahmawati
Rasuna Ulfah

Abstract

Upaya meningkatkan pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan metode video animasi. Metode pendidikan dengan video animasi merupakan salah satu bentuk media audiovisual yang dikenal sebagai metode pendidikan kesehatan gigi yang menarik.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan gigi dengan media video motion graphic terhadap pengetahuan tentang karies gigi pada murid kelas IV A dan IV B di SDN Indrasari 1 Martapura dengan rancangan pretest-posttest. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Uji Paired Sample t-Test dengan tingkat kepercayaan 0,05. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang akan diteliti adalah 66 orang.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan tentang karies gigi yaitu sebelum penyuluhan didapatkan nilai rata-rata (mean) sebesar 7,30 dan setelah penyuluhan meningkat menjadi 10,21. Uji Paired Sample t-Test didapatkan angka p = 0,000 dengan α = 0,05 sehingga p < α yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.


Dapat disimpulkan adanya pengaruh penyuluhan kesehatan gigi dengan media video motion graphic terhadap pengetahuan tentang karies gigi murid kelas IV A dan IV B di SDN Indrasari 1 Martapura. Diharapkan penggunaan media video motion graphic dalam bidang kesehatan gigi dapat diterapkan ke dalam praktik keperawatan sebagai salah satu usaha promotif dan preventif dibidang keperawatan komunitas khususnya kesehatan gigi dan mulut.


 

Article Details

Section
Articles